Kandungan dan Manfaat Buah Apel Untuk Kenari

Artikel terkait : Kandungan dan Manfaat Buah Apel Untuk Kenari

wikipedia.org
Apel merupakan  jenis buah yang populer tidak hanya bagi manusia saja tetapi ada beberapa jenis burung yang menyukai buah apel ini. Buah apel yang memiliki daging tebal dan kulit yang sangat tipis sehingga sangat disukai oleh burung kicau seperti halnya burung kenari yang dapat membuat kicauannya makin tertata dan enak di dengar. Buah apel bisa menjadi makanan tambahan untuk memfariasikan makanan bagi burung kenari, tentunya agar kenari mendapatkan asupan vitamin. Selain itu agar kenari tidak merasa bosan dengan pakan harian yang sama setiap harinya.

Baca juga: 
Kandungan dan Manfaat Telur Puyuh Untuk Kenari  
Manfaat Sayur Gambas atau Oyong Untuk Burung Pleci dan Burung Ocehan Lainnya

Kandungan gizi:

1.    Vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, B6, dan B9
2.    Mineral antara lain kalsium, magnesium, pottasium, zat besi, dan zinc.
3.    Zat fitokimia sebagai antioksidan.
4.    Serat yang tinggi.
5.    Zat tanin
6.    Baron
7.    Flavoid
8.    Zat quercetin
9.    Asam D-glucaric
10.    Asam tartar

Burung kenari pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut yang bernama Jean de Berthan Cout yang berasal dari Perancis. Ia menemukan kenari di kepulauan canary pada abad ke -15. Beberapa orang mungkin berpikir burung kenari memiliki hubungan dengan buah kenari, akan tetapi ternyata tidak. Nama kenari diambil dari nama pulau tempat habitat asli burung kenari tersebut. Burung kenari memiliki keindahan bulu dan suaranya yang sangat merdu. Saat ini burung kenari yang banyak kita temui adalah hasil persilangan burung kenari asli dengan jenis lainnya.

Manfaat apel untuk burung kenari :

1.    Buah apel kaya dengan vitamin, yaitu beberapa vitamin yang terkandung didalamnya adalah vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, B6, dan B9. Dengan banyaknya kandungan vitamin dalam buah apel membuat kenari lebih bugar jika mengkonsumsinya. Sehingga meningkatkan mood kenari untuk rajin berkicau atau rajin gacor ngerol.

Jika diberikan pada kenari dewasa terutama induk biar tetap bugar dan telur tidak gagal netas, maka kenari perlu di beri buah selain  induk juga tambah ceria.

2.    Buah apel juga kaya akan serat. Kandungan serat yang tinggi sangat baik bagi pencernaan burung kenari, apalagi bagi kenari yang gemuk. Maka serat sangat berguna untuk diet dan mengurangi lemak negatif.

3.    Kandungan zat tanin yang bermanfaat untuk membersihkan tenggorokan kenari. Jadi buah apel sangat bagus untuk mencegah suara serak pada burung kenari. Dengan begitu suara kenari akan lebih terdengar merdu.

4.    Mineral yang terkandung dalam buah apel juga sangat tinggi, terutama kadar kalsium yang sangat bagus bagi kepadatan tulang burung kenari. Salah satu manfaatnya yaitu agar kaki-kaki burung kenari tidak mudah patah atau pun kesleo.

5.    Kadar zat asam yang bernama tartar dapat berguna untuk membunuh bakteri jahat yang ada dalam bagian pencernaan kenari.

6.    Kandungan quercetin sebagai antioksidan yang berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh kenari agar kebal dari serangan penyakit.

7.    Airnya yang manis  berfungsi sebagai zat gula dan ini  penting bagi pertumbuhan burung kenari muda atau anakan.

8.    Dapat menyehatkan mata sehingga mata burung jadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit mata sepeti snot.

Itulan 8 contoh tentang manfaat buah apel untuk burung kenari. Dalam merawat kenari pakan ekstrafooding memang tak dapat dipisahkan. Disamping makanan buah-buahan dapat memberikan manfaat positif bagi burung kicauan ternyata manfaat lainnya agar burung peliharaan tidak merasa bosan sama makanan kesehariannya. Bayangkan saja jika ia hanya diberi satu jenis biji-bijian maka ia pun bisa kurang bersemangat menikmati makanannya. 
Adapun cara menyajikan buah apel pada kenari piaraan sangatlah mudah. Berikut cara memberikan buah apel dengan baik dan benar:

1. Pilihlah buah apel yang bagus bisa dilihat pada bagian luarnya yang terlihat bersih, agak keras dan pastinya tidak busuk.

2. Cuci hingga bersih lalu belah jadi dua kemudian iris secukupnya atau dipotong dengan ukuran sedang lalu digantung di dalam sangkar.

3. Sebelum diberikan pada kenari bersihkan dulu dari biji nya, menurut para ahli biji apel mengandung zat racun berbahaya.

4. Sore hari buang sisa buah apple agar tidak mengundang serangga atau semut.

Nah anda penghobi kenari sudah memberikan kenari dengan apel belum? Demikian pembahasan singkat mengenai manfaat apel untuk kenari.. Semoga bermanfaat

Artikel Hobi Hewan Peliharaan Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi melalui kotak komentar. Terima kasih..

Copyright © 2015 Hobi Hewan Peliharaan | Design by Bamz