9 Manfaat Buah Pisang Raja Untuk Pleci

Artikel terkait : 9 Manfaat Buah Pisang Raja Untuk Pleci

tokopedia.com
Mengenai jenis makanan untuk burung pleci tentunya macamnya cukup banyak dan beragam yang berasal dari hewan/serangga, buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Dari semua jenis makanan untuk burung pleci tersebut mempunyai manfaat/khasiat yang bagus bagi burung yang mengkonsumsinya. Sehingga burung tersebut akan tampak sehat, bertenaga, tidak mudah lelah, bulunya tidak kusam, dan kicauannya semakin jernih. Tapi dalam artikel ini bukanlah membahas semua jenis makanan tersebut untuk diulas mengenai khasiatnya atau manfaatnya. Melainkan bahwa dalam artikel ini hanya mengulas mengenai manfaat buah pisang raja bagi burung pleci yang menyantapnya.

Baca juga:
Manfaat Sayur Gambas atau Oyong Untuk Burung Pleci dan Burung Ocehan Lainnya 
Panduan Memilih Burung Pleci Bagus dan Perawatannya
 
Buah pisang raja mengandung Vitamin A dan C yang sangat tinggi dan merupakan zat anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit. Jika lebih rinci lagi maka, dalam 1 buah pisang raja dengan berat 100 gram mengandung protein 1,2 gram, karbohidrat 32 gram, kalsium 10 mg, kemudian fosfor 22 mg dan zat besi 0,8 mg dan masih banyak lagi.

Nah, untuk burung pleci atau burung ocehan lainnya sangat dianjurkan memasukkan buah pisang raja atau pisang jenis lain (kepok misalnya) ke dalam daftar menu makanan hariannya. Karena jika burung pleci diberikan makanan buah pisang raja maka kesehatan tubuhnya akan terjaga. Burung ocehan seperti kenari yang diberikan makan buah pisang raja berat tubuhnya akan bertambah sehingga burung akan tampak tegap dan gacor. Sedangkan manfaat lainnya bagi burung pleci yang mengonsumsi pisang ialah menguatkan tulang, gigi, dan menajamkan penglihatan pada mata burung pleci. 

Untuk lebih rincinya, berikut ulasan 9 manfaat penting pisang raja untuk burung pleci:

1.    Meningkatkan kekuatan otaknya
Pleci tergolong burung cerdas dengan daya ingat memori yang tinggi, salah satu manfaat pisang antara lain meningkatkan daya kerja otak. Kandungan kalium dan potasium yang tinggi dalam buah  memperlancari sirkulasi oksigen ke otak.

2.    Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Sebagaimana yang sudah di sampaikan diawal, kandungan vitamin A, C serta B6 dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan semua jenis infeksi virus dan juga bakteri yang masuk atau ada di dalam tubuh burung.

3.    Sebagai Sumber Energi

Setiap buah pisang raja memilki sedikitnya 32 gram kandungan karbhidrat. Kandungan karhohidrat ini sangat berperan dalam membantu meningkatkan energi. Terlebih jika burung memakan pisang raja disaat melaklukan aktifitas seperti latihan atau lomba, ini bisa sangat membantu. Karena burung pleci betipe burung aktif, sehingga pisang dapat menghasilan energi dan juga meningkatkan konsentrasi pleci.

4.    Menguatkan Tulang
Di dalam satu buah pisang mengandung zat prebiotic. Zat ini juga bisa disebut fructooligosaccharide yang berfungsi menyerap nutrisi agar lebih mudah. Artinya setiap buah pisang raja yang di makan burung, maka akan membantu tubuh untuk meyerap kalsium. Sehingga tulang pada tubuh burung  akan menjadi lebih kuat.

5.    Menyehatkan Mata

Karena kandungan vitamin A yang sangat tinggi, maka dengan burung mengkonsumsinya dapat mengurangi resiko gangguan penglihatan dapat dihindari. 

6.    Melancarkan Saluran Percernaan
Saat burung mengkonsumsi pisang raja maka akan membantu dalam mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Sehingga resiko terjadinya sembelit dapat dihindari. 

7.    Menstabilkan denyut jantung
Pisang memiliki kandungan kalium yang baik untuk menstabilkan denyut jantung. Pisang bagi pleci sangat vital karena mampu menstabilkan denyut jantung, disaat lomba, disaat stres, di saat adu mental, di saat pleci di bawa ke mana-mana, di saat pleci menerima gangguan kanan kiri, maka akan membuat aktifitas jantungnya berubah-ubah, dan turun stabil lagi, sehingga karena pisang mengandung  kalium maka membuat denyut jantung menjadi lebih teratur. Dan pisang pun sangat bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah di tubuh pleci.

8. Lalu Pisang menjadikan kondisi pleci tetap proporsional badannya, tidak gemuk karena tumpukan lemak.

9. Kandungan glukosa, kandungan potasium dalam pisang membantu mengkondisikan pleci lebih rileks

Pemberian buah pisang raja untuk dikonsumsi burung pleci atau ocehan lain dapat diberikan setiap hari atau diselingi dengan makanan lain agar burung ocehan tidak bosan. Dan akan lebih baik jika pisannya di olesi madu. Oke, cukup sekian dan semoga bermanfaat. Salam kicau mania.

Artikel Hobi Hewan Peliharaan Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi melalui kotak komentar. Terima kasih..

Copyright © 2015 Hobi Hewan Peliharaan | Design by Bamz